Thursday, April 13, 2017

Peranan Sistem Tata Udara Dalam Lingkungan Industri



Sistem tata udara atau biasa disebut dengan sistem ventilasi di sebuah lingkungan industri (pabrik) sangatlah penting agar dapat melindungi para pekerja dari pencemaran udara atau kontaminasi udara dan udara panas. Dengan adanya suplai oksigen yang baik akan menciptakan lingkungan yang nyaman dan segar. Dewasa ini semakin tinggi teknologi digunakan dalam segala bidang, tentunya konsekuensi akan muncul, kemungkinan terjadinya ancaman lingkungan kerja (resiko bahaya seperti; uap logam, debu, gas-gas kimia berbahaya, partikel logam berat dan lain sebagainya), dan bilamana konsentrasinya melebihi ambang batas, akan mengakibatkan sakit, gangguan kesehatan, ketidak nyamanan dalam bekerja dan mengurangi aktivitas kerja, salah satu alternatifnya adalah metode pengendalikan kondisi lingkungan kerja yaitu dengan menggunakan teknologi ducting.

Harga flexible duct atau ducting spiral yang terjangkau merupakan salah satu alternatif untuk mengendalikan kondisi lingkungan kerja. Secara umum kita mengenal beberapa bentuk sistem tata udara :

1. Sistem tata udara alami : Suatu bentuk pertukaran udara secara alami tanpa bantuan alat-alat seperti blower fan. Namun sistem ini tidak efektif jika digunakan untuk mengurangi emisi gas.


2. Sistem tata udara general : Jenis sistem tata udara ini biasa digunakan di lingkungan industri dengan emisi gas yang sedang dan tingkat panas yang tidak begitu tinggi. Sistem ini dilengkapi dengan alat mekanik seperti blower fan, harga blower fan yang terjangkau juga membuat sistem ini banyak digunakan.


3. Sistem tata udara comfort : Jenis sistem tata udara ini umumnya menggunakan air conditioner (AC). Berfungsi memberikan lingkungan kerja menjadi lebih nyaman, hangat bagi tempat yang dingin, atau menjadi sejuk pada tempat yang panas.


Sistem tata udara merupakan pengendalian terhadap suhu, mutu udara, serta membuang partikel-partikel berbahaya. Sistem ini umumnya terdiri dari :


1. Cooling coil atau evaporator

2. Static pressure fan atau blower
3. Filter
5. Dumper


Sistem tata udara adalah alternatif untuk mengendalikan kondisi lingkungan industri atau alat kontrol engineering, dengan memberikan suplai aliran udara bersih ke area ruang tempat kerja guna menghilangkan kontaminan, atau proses pertukaran udara dengan cara pengeluaran udara terkontaminasi dari ruang tempat kerja, melalui saluran buang, dan pemasukan udara segar melalui saluran masuk.

No comments:

Post a Comment

Subscribe

Subscribe for our all latest news and updates

Flickr